Tags

Break

Random Posts

randomposts

Recent Posts

recentposts

7 Kunci Sukses Jadi Ahli Jualan di Facebook




Mungkin sudah banyak yang tahu kalau Facebook masih jadi primadona di negara kita, terbukti dari banyaknya pengguna media sosial yang satu ini di Indonesia. Sampai-sampai membuat Indonesia jadi peringkat 4 di dunia sebagai negara dengan pengguna Facebook terbanyak.


Jadi… tidak aneh kalau banyak orang terutama mereka yang baru mau atau sudah berbisnis melirik Facebook sebagai media promosi. Menyebarkan informasi ke banyak orang dalam hitungan detik bisa dilakukan dengan mudah. Coba kalau pakai media konvensional, apakah bisa secepat dan semudah itu?


Nah, khusus untuk Anda yang mau mulai jualan di Facebook, baru mulai jualan di Facebook, sudah lama jualan di Facebook tapi belum optimal. Coba baca dulu 7 kunci suksesnya, siapa tahu masih ada yang belum dilakukan.
Oke, berjualan di Facebook itu gampang- gampang susah, karena perlu diingat kalau Facebook itu media sosial bukan media promosi. Jadi kita akan bahas satu persatu kuncinya agar jualan di media sosial jadi lebih mudah.


1. Karena mereka juga ingin dimengerti



Siapakah mereka? Ya, mereka adalah pangguna Facebook yang akan menjadi target promosi kita. Sebelum kita promosikan produk atau jasa ke mereka, bukankah lebih baik kalau kita mengerti mereka lebih dulu. Kalau kata pepatah sih “Belajar bagaimana kamu berbicara ke seseorang dengan mengetahui mengetahui sebenarnya kamu sedang berbicara kepada siapa”. Ketahui dulu lawan bicara kita itu waaajiib, kalau dalam hal promosi berarti kita harus tahu dan mengerti siapa dan bagaimana sebenarnya calon target kita. Bayangkan kalau kita tidak cari tahu dulu siapa target kita, bisa-bisa kita promosikan produk atau jasa yang tidak mereka butuhkan.


2. Bicara dengan mereka bukan kepada mereka



Umumnya orang-orang lebih senang berbicara dengan kata lain berinteraksi, makanya sosial media masih digandrungi banyak orang. Sebagai penjual yang ahli, kita tidak harus selalu berbicara mengenai produk atau jasa saja. Memang promosi itu hal yang penting dalam bisnis, tapi kalau terus promosi itu bisa jadi cara tercepat menjauhkan Anda dengan target Anda. Lalu bagaimana caranya beberbicara dengan mereka? Ini yang bisa Anda lakukan:

– Pancinglah interaksi dengan mereka. Caranya bisa dengan tanyakan apa yang mereka pikirkan, kontes, kuis, polling, atau sejenisnya.

– Jadilah lebih akrab. Buat mereka rileks dan pastikan mereka tahu Anda adalah manusia bukan robot. Sentuhan personal adalah poin penting.

– Jangan promosi setiap waktu. Selain promosi bisa diselingi dengan bagikan konten yang menarik, video yang keren abis, konten yang bermanfaat bagi mereka.


“There is no sale without the story, no knockout without the setup” Gary Vaynerchuk’s. Penasaran artinya apa? Boleh dicari ya nanti.


3. Bagikan konten yang keren



Untuk berbicara dan berinteraksi dengan mereka, konten yang kita bagikan juga menjadi poin penting. Bukan sekedar membagikan konten yang keren, tapi harus yang bermanfaat, sesuai dengan apa yang kita tawarkan, dan tentunya konsisten. Tidak harus selalu membuat konten sendiri, Anda juga bisa membagikan konten dari orang-orang terkenal, merek terkenal, dan lain-lain yang tentunya sesuai dengan tujuan Anda.


4. Bermainlah dengan Video



Percaya atau tidak, orang-orang lebih menyukai menonton video daripada membaca. Apakah Anda juga seperti itu? Lalu apa ada alasan lain kenapa harus gunakan video? Jawabannya ada.
Video mudah dilihat di Facebook, lebih banyak dishare oleh orang lain, dan yang paling penting adalah Facebook sangat memperdulikan video. Bahkan sekarang Facebook sudah memunculkan iklan in-stream di video.


5. Tahu kapan harus promosi



Mengerti target sudah, membuat konten keren dan interaktif sudah, tapi apakah akan selalu memberikan hasil yang baik?
Bisa jadi iya dan bisa juga tidak, kenapa? Karena waktu kita melakukan promosi atau waktu mereka mendapatkan penawaran kita juga sangat berpengaruh. Bayangkan Anda mempromosikan produk di jam kerja, bisa dipastikan akan sangat sedikit orang yang melihatnya. Atau mempromosikan setelah larut malam, kemungkinan besar juga akan sedikit karena mereka sedang beristirahat. Jadi promosikan produk dan jasa di waktu yang tepat bisa sesaat setelah bangun tidur, pulang sekolah atau kerja, dan jam istirahat sebelum tidur. Oh ya, satu hal lagi adalah berikan respon kepada mereka yang berinteraksi secepat mungkin.


6. Bekerjasamalah dengan orang yang berpengaruh



Bisa berteman dengan orang berpengaruh saja sudah bagus apa lagi mereka membagikan promosi kita atau membicarakan tentang bisnis kita. Karena orang-orang akan mudah percaya dengan orang berpengaruh. Jadi mulai sekarang, cari orang berpengaruh dan buat mereka mau membagikan promosi kita bahkan membicarakan bisnis kita.


7. Investasilah dengan beriklan



Untuk Anda yang mau berbisnis di Facebook, iklan sudah jadi keharusan. Bukan tidak mungkin promosi dengan cara gratisan tapi dengan beriklan kita bisa mengetahui lebih banyak tentang target kita di Facebook, menyebarkan ke lebih banyak orang dengan lebih mudah, dan akhirnya kita bisa menargetkan ulang jadi sangat mudah.


Blog & Blogger

by. Warsito Wrst
ZTTV
Spiritual AI,Karamah of Laduni, Blogging of Blogging - Mystery, Desainer, Template, SEO, Google AdSense, Bussines Online, Comunity, Jurnalistik, Humas, Writer, Speaking, MC, Presentation, Media, Radio, Breaking News, Tips Blogging, Coding, Travel, Tour, Therapy, Novel, Healty, Videos, Youtube, Spiritual etc.

Related Posts

There is no other posts in this category.